Tuesday, December 6, 2011

Hubungan Digital Culture & Kehidupan Realita

Yap kali ini saya akan memposting tentang Digital Culture, seperti yang kita tahu Digital Culture (Budaya Digital) telah mewabah atau bahkan sudah seperti kebiasaan kita setiap hari, siapa yang tidak kenal dengan Facebook? Twitter? dan jejaring jejaring sosial lain ataupun site kumpulan lain seperti Kaskus etc.

Pada Postingan kali ini saya hanya akan menjelaskan beberapa diantaranya karena kalau mau menulis semuanya, saya nggak mampu karena banyaaaakk sekali :)

1.Facebook

Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosialdan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Dengan Pendirinya yaitu Mark Zuckenberg.

Seperti yang kita tahu dengan Facebook ini kita dapat membuat profil pribadi kita, dapat menambahkan teman teman yang kita kenal ataupun yang ingin kita kenal lebih dekat, kita bisa bertukar informasi lewat jejaring sosial ini, bisa membuat sebuah grup atau perkumpulan.terlebih jika kita sedikit bosan Facebook menyediakan beberapa permainan seru didalamnya yang dapat menghilangkan kejenuhan kita saat menunggu buffer dll.

2.Twitter

Twitter dalam artiannya adalah Kicauan, Yak!! Kicauan sebuah burung yang bersuara setiap harinya. jejaring sosial ini bermaksud agar para penggunanya dapat berkicau (berkata) seperti yang mereka inginkan, pada twitter ini selain kita dapat berkicau, melainkan kita juga dapat menerima atau pun membaca Kicauan dari teman kita yang lain.
Sedikit Sejarah Tentang Twitter, Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
pada twitter, terdapat beberapa fitur seperti (Tweets) yang memungkinkan kita dapat mempublikasikan Kicauan kita ke khalayak umum. lalu ada (Mentions) Mentions ini adalah tweet tweet yang bersangkutan/bertujuan kepada username kita. (Message) sama halnya seperti Facebook Message atau di twitter biasa disebut dengan DM(Direct Message) ini bertujuan untuk berkomunikasi secara rahasia dengan user yang kita tuju. (Retweet) fitur ini memungkinkan kita untuk mengulang kembali tweet tweet yang telah dikeluarkan orang lain agar dapat kita balas atau mungkin dapat kita publikasikan lebih lanjut.
Nah jika di Facebook kita harus add friend terlebih dahulu. sama halnya, di twitter juga kita harus "Follow" orang yang kita kenal agar tweet tweet kita dapat terbaca di Timeline Twitternya saat dia membuka Twitter ini.

3.Blogger

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.
Sedikit sejarah tentang Blogger Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.




Saya rasa dari jejaring sosial yang telah saya ulas diatas kita dapat mengetahui jikahidup pada jaman sekarang ini, semua serba serba internet. apapun yang ingin kita tahu ataupun kita lakukan semua dapat kita cari di dunia maya ini. kita dapat bertukar informasi, kita dapat mengakses beberapa account penting kita, kita dapat chating, bertemu teman lama yang berada jauh dari kita dll.

selain beberapa keuntungan itu pasti terdapat pula kerugian yang disebabkan oleh Digital Culture ini, seperti maraknya copycat, pembajakan, dan juga banyak hacker hacker yang dapat menjebol situs situs penting milik pemerintah dll.

jadi semua fasilitas ini kembali pada diri kita masing masing, mau kita pakai seperti apa media internet yang sudah ada?? apakah demi ilmu pengetahuan? berbagi pengalaman dengan orang lain? ataukah untuk kegiatan jahat? semua kembali ke diri kita masing masing.

Saya rasa cukup sekian postingan yang dapat saya berikan semoga bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya untuk kita semua.

No comments: